6 Alat Handmade ini Terbukti Sangat Membantu Mekanik

 Dalam dunia mekanik motor, memiliki alat yang tepat bisa menjadi penentu antara perbaikan yang berhasil atau kegagalan. Meskipun ada banyak alat canggih yang tersedia di pasaran, tidak ada yang sebanding dengan alat-alat yang dibuat secara handmade oleh para mekanik yang memahami kebutuhan dan tantangan sehari-hari mereka. Alat-alat handmade ini tidak hanya menawarkan kualitas dan daya tahan yang unggul, tetapi juga dirancang dengan sentuhan personal yang mencerminkan pengalaman dan kreativitas pembuatnya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai alat penting dan berguna bagi mekanik motor yang dibuat secara handmade, serta bagaimana alat-alat ini dapat meningkatkan efisiensi dan keandalan pekerjaan mekanik Anda.

1. Treker Shock Pembuka Spin Shock Depan

 Bagi mekanik tentu sudah paham jika spin shock depan terutama pada motor-motor honda, cukup sulit dilepas.Letaknya yang berada agak di dalam tabung shock, yang ditutup dengan besi yang terdorong kuat oleh per shock dari dalam. Sehingga untuk melpasnya perlu mendorong tutup shock kuat-kuat, dan setelah terdorong dan spin terlihat, barulah spin dilepas dengan cara dicongkel. Ini biasanya cukup menyulitkan mekanik karena karus menekan tutup shock dengan kuat sambil mencongkel spin, belum lagi ketika gagal membuka harus mengulanginya yang memakan banyak waktu.

 Tapi berkat kreatifitas,hal tersebut bisa dengan mudah diatasi dengan satu alat yang diproduksi handmade. Produknya sudah cukup laris di pasar marketplace seperti shopee dan lazada.Berikut alatnya.

Treker shock
Treker Shockbreaker Depan Alat Buka Pasang Shock Depan motor bebek matic, harga Rp11.850. Dapatkan di Shopee sekarang! 

Lihat Produk/Order

2. Treker press ban

 Ketika akan melepas ban, atau menambal ban, para mekanik motor harus meng-press ban agar lepas dari velg, agar mudah melepasnya. Karena walaupun sudah kempes, ban akan tetap melekat pada velg kuat-kuat pada area sampingnya. Apalagi jika ban tersebut adalah ban tipe lebar misalnya berukuran 100/80. 110/70, 120/70, dsb. Ditambah lagi jikadiameter velgnya bertipe kecil misalnya 14 inchi, akan sangat sulit dilepaskan dari samping velg.

Bagi yang punya alat press ban hydrolis tentu hal ini bukan masalah. Tapi bagi yang tidak punya dan hanya mengandalkan alat congkel ban manual, atau menekan kuat-kuat dengan tangan akan sangat kesulitan saat menemui tipe ban seperti itu.

Selain alat press ban hidrolus yang mahal, di marketplace seperti shopee alat press ban tersebut sudah tersedia yang dibuat secara handmade serta cukup banyak terjual. Berikut produknya yang admin rekomendasikan.

Treker Press Ban
Cek Treker pelepas roda motor matik Treker tromol Vario PCX alat pembuka velg matik treker pres velg dengan harga Rp137.000. Dapatkan di Shopee sekarang! 


3.Treker Press Kampas rem Cakram

 Mengganti kampas rem cakram,  perlu menekan piston rem ke dalam agar kampas baru yang masih tebal dapat menyisakan ruang untuk cakram dan menghindari macetnya roda motor.

 Pada beberapa kejadian, piston rem terkadang sangat keras dan sulit di tekan ke dalam, yang disebabkan banyak hal mulai dari karat, kotoran dsb.

Tapi dengan treker ini hal seperti diatas dapat dengan mudah diatasi. Menekan piston kuat-kuat, diganti dengan cukup memutar baut saja. Alat press piston rem kreatif ini sudah banyak dibuat secara handmade dari bahan plat besi tebal, dan baut yang rata-rata berukuran 8mm atau kunci 12mm. Berikut produknya yang dijual di shopee.

Treker Press kampas rem cakram
Cek treker kaliper piston rem cakram | treker penekan piston motor mobil dengan harga Rp5.000. Dapatkan di Shopee sekarang! 


4. Treker Velg Matic

  Siapa yang pernah alami velg belakang motor matic macet? hayo ngaku, apa yang kalian lakukan saat berusaha melepas velg matic yang macet ketika hendak mengganti kampas rem atau perbaikan lainnya? Dengan cara dipukul kay, atau digedor palu? atau ada pernah putus asa dan menggerindanya dan mengharuskan ganti velg wkk? Yang paling aman adalah menyerah dan mengatakan tidak sanggup pada si pemilik motor, tapi itu justru dapat merontokan kepercayaan konsumen bukan?

 Setahu admin sejauh ini belum ada alat industri yang dijual khusus untuk membuka velg matic yang macet, tapi lagi-lagi alat handmade justru sudah tersedia sejak lama. Berikut alat pembuka velg yang sudah laku ribuan unit di shopee.

Treker Velg matic
Cek Treker alat pembuka velg matik treker pres velg dengan harga Rp137.000. Dapatkan di Shopee sekarang!
 

Lihat Produk/Order

5.Treker pembuka bossh arm, dan shockbreaker

 Untuk membuka bosh arm maupun shockbreaker motor matic tidaklah sesulit yang lainnya yang sudah ditulis diatas. Tapi tetap saja membutuhkan banyak waktu dan penyesuaian alat, dengan cara dan pengalaman mekanik yang berbeda-beda. Tetapi, dengan alat khusus tentu akan lebih cepat, dan simpel saat pengerjaannya.

Berikut alatnya.

Treker bos arm
Cek Treker bos arm alat bongkar pasang bosh arm dengan harga Rp23.500. Dapatkan di Shopee sekarang! 

Lihat Produk/Order

6. Treker pembuka laher krug as atau beken

  Laher krug as atau laher beken yang sudah kena atau aus perlu penggantian. Tapi terkadang karena letaknya yang berada di di bagian krug as dan ukurannya yang besar akan cukup sulit terutama jika dilakukan oleh mekanik yang belum berpengalaman. Hal sulitnya adalah jika kita memaksa melepasnya dengan palu misalnya, keseimbangan setelan stang piston bisa terganggu. Sehingga banyak mekanik yang menggunakan jasa tempat pasang stang piston hanya untuk mengganti laher krug as saja untuk meminimalisir resiko.

 Padahal ada loh alat khusus pembuka laher krug as, dari para mekanik berpengalaman, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan efektifitasnya.

Berikut contoh produknya.

Treker laher kruk as
Cek Treker Bearing Kruk As Universal Tatakan kruk as Bantalan kruk as dengan harga Rp64.000. Dapatkan di Shopee sekarang!

Lihat Produk/Order

Itulah beberapa alat mekanik yang dibuat secara handmade, semoga bermanfaat.

Diskusi